Masalah Transmigrasi di Indonesia

>> 11.20.2009

Ke depannya Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) akan menjadikan transmigrasi sebagai program unggulan.Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kaum marjinal di sejumlah kota besar di Indonesia sehingga dapat mengatasi masalah kemiskinan yang masih menjadi persoalan serius bangsa ini.


Pembangunan transmigrasi yang ada hingga saat ini sebetulnya sudah dirintis sejak jaman penjajahan Hindia Belanda tahun 1905 dengan sebuah program kolonisasi. Kemudian sejak jaman kemerdekaan telah berlangsung sejak tengah abad yang lalu dan dijadikan sebagai salah satu strategi pembangunan sejak berdirinya depertemen tenaga kerja, Koperasi dan transmigrasi pada tanggal 12 desember 1950. Departemen atau lembaga yang menaganipun juga sering ganti-ganti sesuai dengan perubahan politik yang terjadi di Negara ini. Hingga saat ini sudah tiga belas kali depertemen yang menangani berganti-ganti


Tidak bisa dipungkiri dalam prakteknya transmigrasi menimbulkan berbagai masalah serius yang membutuhkan solusi serius. Memang dapat dipahami penanganan masalah transmigrasi bukan sekadar menyiapkan lahan untuk menampung transmigran dan memindahkan penduduk dari daerah asal ke tempat yang baru. Penanganan masalah transmigrasi jauh lebih luas dan lebih rumit, karena berkaitan erat dengan pembangunan daerah, kesiapan calon transmigran, upaya mempersiapkan masyarakat penerima transmigran, serta penyiapan sarana dan prasarana yang tersedia.

Berbagai pergolakan yang terjadi di berbagai daerah tahun-tahun ini tidak pelak menimbulkan masalah bagi para transmigran .Mereka terusir dari tempat tinggal yang dibangun dengan susah payah, jadi korban penganiayaan dan terpaksa harus mengungsi, menderita tak punya apa-apa lagi. Contohnya saja sebagaimana digambarkan oleh kondisi eks. Traansmigran di Ogan Komering Ilir (OKI), Air Sugihan, Sumatera Selatan yang hidupnya sebagian besar masih di bawah garis kemiskinan. Kemudian para pengungsi akibat kerusuhan Aceh, sambas, Ambon, Poso, Hingga Eks Propinsi Timor-Timor yang tak jelas nasibnya .Ironis memang apabila kita mendengarnya. Hidup trauma jadi korban kerusuhan dan terpaksa harus tinggal di kamp-kamp pengungsian. Sebagian pulang ke daerah asal jadi eksodan yang harus menumpang di tempat sanak famili yang kadang hidupnya hanya cukup untuk keluarganya sendiri. Tanpa pekerjaan dan menanggung banyak beban ekonomi. Banyak di antara anak-anak terpaksa putus sekolah dan tidak mendapat gizi yang cukup. Diperkirakan kurang lebih mencapai 207.795 KK atau 912.514 jiwa menjadi pengungsi akibat berbagai gejolak yang terjadi di daerah-daerah, dimana jumlah ini terus bertambah (Depnakertrans, 2000).

Masalah lain ada pada proses penempatan yang terjadi cenderung mengejar target dan tidak mengindahkan hak-hak transmigran dan masyarakat setempat.Transmigran di tempatkan di suatu wilayah yang belum jelas potensi ekonominya. Tidak tahu bagaimana kondisi sosio-kultural masyarakat setempat. Hingga akhirnya menyebabkan masalah baru lagi di daerah tujuan. Banyak daerah baru tersebut terisolir dan tak terjangkau oleh alat transportasi, sarana pendidikan, air bersih serta sarana kesehatan yang minim. Di banyak tempat seperti di daerah Papua dan Kalimantan misalnya, hingga karena sarana transportasi yang sulit menjadikan jatuhnya harga hasil panen mereka. Konflik antar etnis yang disebabkan kurangnya pola perencanaan juga mewarnai gambaran permasalahan transmigrasi di berbagai daerah.Contoh nyata terlihat dari para transmigran sub-pemukiman (SP) 7-8 Bongo, jayapura, Papua, yang terpaksa harus meninggalkan tempat tinggal mereka karena tergenang air hingga tanaman membusuk tanpa fasilitas sekolah dan guru, tanpa sumber air bersih yang memadai, lebih menyedihkan lagi adalah ketiaka meminta perlindungan dan penyelesaian dengan menghadap ke dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), mereka harus menghadapi nasib sial diusir oleh wakil-wakil mereka dari rumah rakyat tersebut.

Solusi yang dapat diambil dalam hal ini ialah perlunya langkah proaktif pemerintah untuk berkoordinasi dengan daerah-daerah agar tercapai sebuah solusi bersama dan dalam proses pelaksanaannya dengan cara-cara yang arif dan bijaksana. Perlunya memberikan bantuan-bantuan kebutuhan hidup standard minimal , pemenuhan gizi bagi balita serta pendidikan bagi anak-anak dengan alokasi anggaran yang jelas .Selain itu untuk mengoptimalkan potensi daerah yang dituju maka diperlukan usaha untuk memajukan industri rakyat, memperbaiki pola institusi sosial yang ada serta bagi perbaikan kualitas sumber daya manusianya.

4 komentar:

Rusdy said... 27 March 2011 at 05:54  

Wah makasih mas Infonya....

Anonymous said... 22 November 2011 at 15:41  

Saya orang Indonesia berasal dari Riau dan saya bukan orang jawa..saya sebenarnya tadinya fine2 aja dengan program transmigrasi yg dilakukan pemerintah Indonesia…tapi lama kelamaan dari lubuk hati yang terdalam memang sangat saya rasakan ketidak adilan pemerintah terhadap suku2 selain Jawa diIndonesia dalam hal ini menyangkut program transmigrasi(dalam hal lain banyak juga).

Waktu SD saya diajarkan klo transmigrasi adalah program pemerintah untuk meratakan pembangunan diseluruh Indonesia, memajukan daerah yang tidak maju…..saya oke2 saja dengan hal ini(masih SD)….

Tapi lama kelamaan bertambah usia saya..saya merasa program ini tak seperti yang diajarkan kesaya terutama menyangkut perubahan nasib suku2 selain Jawa..karena program ini lebih berupa pemberian lahan keorang Jawa, pelatihan keorang jawa dan akhirnya yang berubah nasibnya ya orang2 ini..sementara klo untuk suku2 selain Jawa klo mau berubah harus usaha sendiri...

Kadang saya bertanya dalam hati..klo memang ingin meratakan pembangunan apa begitu cara yang paling baik? kenapa tidak memberi lahan kependuduk setempat aja, pelatihan kependuduk setempat aja..atau kenapa biaya2 yang diberikan keorang jawa tidak dialihkan saja untuk membangun infrastruktur jalan (sepertinya anggaran untuk jalan sangat kurang jadi kenapa tidak ditambah dari uang biaya transmigrasi) sehingga menghubungkan antar satu pemukiman dgn pemukiman lain dan perekonomian lebih jalan…menurut saya hal ini jauh lebih adil bagi penduduk setempat dan pemerataan pembangunan lebih tepat sasaran bagi perubahan nasib dan kemakmuran penduduk setempat…

Tapi klo program transmigrasi yang saya rasakan yang menikmati hasil lebih banyak para transmigran itu sendiri…karena mereka yang diberi lahan, mereka yang dilatih..akhirnya mereka yang lebih maju dan akhirnya lebih menguasai perekonomian dan lahan2 pekerjaan..
penduduk setempat karena tidak diberi lahan, tidak dilatih akhirnya ya gitu2 aja…jadi orang terpinggirkan dari sisi ekonomi, sosial dan susah jadi tuan didaerah sendiri…klo mau maju ya usaha sendiri…cari duit sendiri…latih diri sendiri biar bisa maju intinya harus mandiri dan berjuang mati-matian sendiri…

Jadi kenapa program ini tetap dijalankan kalo akhirnya lebih banyak memberi mudharot daripada manfaat terutama untuk pribumi setempat..bukankah negara kita menganut sistem Pancasila kemanusiaan yang adil dan beradap serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan menurut saya program transmigrasi sudah bertentangan dengan Pancasila terutama sila ke 2 dan ke 5 dan mengancam sila ke 3

Ini yang saya rasakan yang terjadi dinegara saya ini…

sherlina halim said... 30 September 2015 at 21:16  

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Obat Solusi wanita said... 29 May 2017 at 13:21  

thanks for sharing
082210743003 / 2BF0841D
jual obat penggugur kandungan
agen obat telat bulan
jual obat telat bulan
obat aborsi
obat telat bulan
obat telat bulan manjur
obat aborsi manjur
obat terlambat bulan
obat telat datang bulan terbaik
obat terlambat datang bulan
obat cytotec
agen obat aborsi ampuh
obat penggugur
obat penggugur kandungan
toko obat aborsi
agen obat cytotec
toko obat telat datang bulan
cytotec asli
aborsi ampuh
obat telat bulan cytotec
obat telat datang bulan
jual obat telat datang bulan manjur
agen cytotec
obat terlambat datang bulan

PERANGSANG WANITA POTENZOL

OBAT PERANGSANG WANITA TERMANJUR
POTENZOL CAIR
JUAL OBAT PERANGSANG WANITA
PERANGSANG WANITA POTENZOL
POTENZOL
POTENZOL obat perangsang
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG CAIR
POTENZOL ASLI
AGEN POTENZOL
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG POTENZOL
OBAT PERANGSANG WANITA

Post a Comment

Komentar Terbaru

About Me

My Photo
Hery Herawan
-La Tahzan-
View my complete profile

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP