Ilmuwan Temukan 450 Planet Baru

>> 7.04.2010

LONDON - Ternyata sejak tahun 1995 para ilmuwan telah melakukan penelitian terhadap alam semesta. Hasilnya, mereka menemukan sekira 450 planet baru yang terletak di luar tata surya.



Dari peneltian tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa ada planet yang sudah sangat tua, bahkan sampai ada yang mirip sekali dengan bumi. Ilmuwan menyebutkan primeval world, atau planet tertua yang usianya sekitar 12,7 miliar tahun.


Dilansir Space.com, Selasa (29/6/2010), para ilmuwan tersebut memperkirakan planet tersebut terbentuk sebelum bumi, dan hanya berbeda 2 miliar tahun dari kejadian Big Bang. Oleh ilmuwan, hal ini bisa diasumsikan bahwa kehidupan mungkin sudah terjadi lebih awal.

Sementara itu, ilmuwan tersebut meneliti planet 51 Pegasi B, yang mirip planet Jupiter. Sama seperti Jupiter, Bellerphon memiliki suhu permukaan yang sangat panas dan terletak pada gugus bintang Pegasus. Nama Bellerphon sendiri, menurut mitos Yunani, berarti pahlawan yang menjinakkan kuda bersayap Pegasus.

Sementara planet yang mirip dengan Bumi dikenal dengan nama Gliese 581 C. Akan tetapi, walaupun mempunyai kesamaan dengan bumi, ukuran planet tersebut separuh lebih besar dan lima kali lebih padat ketimbang bumi.

Hingga saat ini, para peneliti masih mendalami apakah ada kehidupan di planet yang sama dengan Bumi tersebut.


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/06/29/56/347785/ilmuwan-temukan-450-planet-baru

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Terbaru

About Me

My Photo
Hery Herawan
-La Tahzan-
View my complete profile

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP