Ilmuwan Bangkitkan Mamooth

>> 5.05.2010

LONDON - Sejumlah ilmuwan berencana untuk membangkitkan kembali hewan-hewan yang telah punah, seperti Mamooth dan Dinasaurus. Para ilmuwan mengklaim telah berhasil memetakan sebagian kode genetika Mamooth yang selama ini dikenal dengan gajah raksasa yang memiliki tubuh dengan rambut lebat.



Dailymail, Selasa (4/5/2010), melansir, ilmuwan mengambil sampel DNA dari bulu mamooth yang ditemukan di lapisan es Siberia, berusia 43 ribu tahun. Bila seluruh peta genetika selesai disusun, maka kemungkinan mammoth dapat dihidupkan kembali melalui bioteknologi. Karena melalui struktur genetika maka hewan tersebut bisa dikembangbiakan.


Menurut seorang ilmuwan dari University of Manitoba, Kanada, Prof Kevin Campbell, menghidupkan kembali Mamooth dilakukan dengan cara membuat struktur darah. Selama ini Campbell telah melakukan penelitian sekira 7 tahun untuk mengembangkan Dinasaurus dan Mamooth.

Mamooth dikenal sebagai hewan raksasa yang mampu mencapai ukuran sekira 13 kaki, dan memiliki rambut di sekujur tubuh yang bisa mencapai 3 kaki. Kepunahan hewan tersebut disebabkan karena perubahan cuaca.


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/05/04/56/329173/ilmuwan-bangkitkan-mamooth


Read More......

Pesawat Jet Listrik Sebagai Solusi Masa Depan Untuk Kurangi Pemanasan Global

Efek pemanasan global makin terasa dewasa ini. Padatnya penduduk serta aktivitasnya tak menghindarkan angka yang lebih besar terhadap polusi. Lalu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?



LiveScience melaporkan bahwa banyaknya penumpang, kargo dan pesawat jet militer di luar sana memberikan kontribusi signifikan pada pemanasan global dan perubahan iklim. Terutama, pesawat melakukannya dengan bahan bakar folsi dan melepaskan sejumlah besar polusi di udara. Ini merupakan efek lain yang ditimbulkan dari kendaraan darat yang juga menghasilkan asap knalpot dan menambah panasnya udara. Tak hanya itu, akibat yang terjadi adalah perubahan pola cuaca, pembentukan awan dan curah hujan yang pada gilirannya menghasilkan efek rumah kaca.

Para insinyur yang bekerja pada perusahaan penerbangan kini tengah bekerja untuk mengurangi dampak besar yang disebabkan oleh jet terhadap lingkungan hidup selama bertahun-tahun, namun belum banyak terobosan yang dihasilkan. Tahun ini adalah pengujian yang lebih besar yaitu menggunakan pesawat dengan bahan bakar solar, sayangnya pesawat ini tidak dapat mengangkat beban yang besar atau bahkan membawa penumpang.


Teknologi penggunaan solar tersebut baru digunakan untuk kendaraan udara pengintai. Setidaknya satu atau dua dekade akan memiliki kemajuan sebelum akhirnya benar-benar digunakan pesawat dengan tenaga sinar matahari.

Prestasi baru-baru ini di bidang avionik dilakukan dengan pengujian berawak menggunakan pesawat dengan tenaga listrik. Pesawat terbang selama sekitar delapan menit dan berhasil mencapai kecepatan 250 km/jam. Sementara ini memang masih berada dalam rekor kendaraan listrik, sudah jelas bahwa tujuan pengangkutan ratusan penumpang dalam pesawat tersebut masih jauh.

Para ilmuan mengatakan bahwa inovasi dan terobosan besar diperlukan dalam berbagai bidang, sebelum ide pesawat jet listrik ini benar-benar dijalankan secara lebih serius lagi.

Kemungkinan besar kalau jet listrik ini ada, mungkin diperlukan desain yang berbeda dari pesawat jet biasa, berikut juga nantinya mengenai mesin jet yang digunakan sebagai sistem penggerak akan ditanamkan langsung di bagian sayapnya. Mesin juga perlu dibuat lebih ringan dengan bahan yang lebih kuat, lebih dari komposit. Perkiraan baru 20 tahun lagi jet listrik benar-benar bisa diluncurkan. Paling tidak usaha akan lebih baik daripada kita hanya bisa berdiam diri dan menunggu kerusakan ozon semakin memburuk dan merusak kehidupan manusia, benar bukan?


Sumber : http://www.beritateknologi.com/pesawat-jet-listrik-sebagai-solusi-masa-depan-untuk-kurangi-pemanasan-global/


Read More......

Keaslian PS3 Berhasil Dijebol Demi Mainkan Game Bajakan

Tak perlu diragukan lagi dengan kehandalan pihak Sony dalam menciptakan PlayStation 3 yang cukup berhasil sejauh ini mengurangi upaya pembajakan game. Dengan kombinasi yang cukup kuat antara hardware dan software yang ditanamkannya, apalagi dengan Blu-ray, membuat PS3 cukup terjamin dan hanya bisa memainkan game-game legal saja alias yang berbayar. Tapi ternyata kegagahan dan rasa percaya diri tersebut kini harus tandas karena kabarnya PS3 telah berhasil dibobol untuk bisa mainkan game bajakan baru-baru ini.



Tersebutlah nama George Hotz, yang belum lama ini mempostingkan artikel dalam blog-nya yang mana menyebutkan bahwa dirinya telah berhasil mengutak-atik hardware PS3 dan telah memodifikasinya. Namanya memang tak terlalu dikenal dan masih cukup diragukan kebenarannya. Tapi tampaknya apa yang ia sebutkan bukanlah hanya bualan saja, karena dia sendiri sudah berhasil membobol iPhone.


“Saya telah membaca/menulis akses ke memori sistem menyeluruhnya, dan HV level untuk mengakses processor. Dengan kata lain, saya telah meng-hack PS3. Sisanya hanya software saja dan saya balikkan.” katanya. “Saya sudah melakukan pembalikkan beberapa kali, termasuk LV0 dan LV1. Saya juga telah membuang NAND tanpa menghapus atau melakukan modifikasi pada chip-nya.”

Namun tampaknya dia belum siap untuk mempublikasikan pengetahuannya tersebut. Sementara itu, solusi untuk pertahanan PS3 pun belum ditambal sama sekali, Sony masih bisa menghambat keberhasilannya. “Sejauh melakukan eksploit, saya belum akan mengungkapkannya. Teori ini benar-benar belum ditambal, tetapi mereka dapat membuat implementasinya menjadi lebih sulit. Selain itu, untuk alasan yang cukup jelas saya belum akan mempostingnya. Saya berharap akan menemukan kunci dekripsinya, sepertinya itu tertanam pada hardware-nya. Semoga saja tak jauh berbeda seperti iPhone KBAG.”

Hots sendiri mengaku sistem yang dibuat oleh pihak Sony memang cukup aman dan membutuhkan waktu 3 tahun, 2 bulan dan 11 hari untuk memecahkannya, mungkin. Kalaupun ada yang benar-benar akan menghancurkan sistem aman ini, tentu orang itu benar-benar hebat sekali.


Sumber : http://www.beritateknologi.com/keaslian-ps3-berhasil-dijebol-demi-mainkan-game-bajakan/


Read More......

NASA Dan General Motors Ciptakan Robonauts, Asisten Pribadi Para Astronot

Bekerja sebagai astronot di ruang angkasa tidaklah mudah. Lingkungan yang jauh berbeda kadang menyulitkan mereka untuk bisa beradaptasi. Mungkin akan sangat membantu sekali kalau para astronot memiliki asisten yang dapat bekerja keras tapi asisten selain dari manusia yaitu robot.



Para ahli di badan antariksa Amerika, kini tengah bekerjasama dengan para ilmuwan dari General Motors, mengumumkan pengembangan Robonauts, robot penolong yang sangat cocok membantu para astronot yang bekerja di stasiun luar angkasa. Prototipe robot baru ini cocok untuk berbagai tugas berat, yang masih sulit untuk dilakukan oleh manusia. Robot ini dapat menyelesaikan tugas-tugas yang sulit dan rumit di ruang angkasa, seperti memperbaiki teleskop, atau membuat perbaikan di International Space Station (ISS). Mesin-mesin itu dirancang khusus sehingga mereka dapat melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan keterampilan dan kekuatan.


Robonaut 2 adalah versi baru dan lebih baik dari generasi pertamanya. Robot ini dikembangkan oleh NASA dan US Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) lebih dari satu dekade yang lalu. Tapi versi terbaru jauh lebih kuat, lebih tepat, dan jauh lebih terampil daripada model sebelumnya. Ron Diftler mengungkapkan bahwa insinyur dari Houston, Texas-based Oceaneering Space Systems juga terlibat dalam pekerjaan ini.

Salah satu hal yang benar-benar menonjol mengenai mesin-mesin baru adalah kenyataan bahwa mereka memiliki empat sendi ibu jari, prototipe yang dulu cuma memiliki tiga jari saja, yang berarti bahwa prototipe baru dapat lebih terampil dan tepat dalam bekerja. “Ibu jari jelas berperan penting, membuat kita menjadi spesies dominan di planet ini. Selain itu lebih fleksibel jika menggunakan sarung tangan di ruang angkasa.” kata ilmuwan NASA. Selain itu, juga dapat mengangkat beban yang melebihi dari 10 kilogram serta bergerak pada kecepatan 4,5 mil per jam.

“Kami memasukkan lebih banyak sensor baik pada lengan dan jaringannya, sehingga jika terjadi kontak dengan astronot secara tak terduga, bisa dihentikan pada saat yang sama,” kata Diftler. Dia menambahkan bahwa hal ini dilakukan dalam rangka untuk membuat robot aman untuk interaksi dengan manusia. Mesin itu juga dilapisi kain lembut, yang tujuan utamanya adalah untuk bantalan dan untuk mencegah rusaknya kostum ruang angkasa. Beberapa misi utama yang R2 akan perlu lakukan adalah untuk dapat mengubah selimut termal pada objek di ruang angkasa dan juga membawa alat-alat di sekitarnya. Pada titik ini, tugas-tugas ini sangat rumit untuk dilakukan para astronot serta menghabiskan waktu yang cukup lama.


Sumber : http://www.beritateknologi.com/nasa-dan-general-motors-ciptakan-robonauts-asisten-pribadi-para-astronot/


Read More......

Mengendalikan Robot Cukup dengan Pikiran

PERNAHKAN kita membayangkan bisa menggerakkan benda tanpa menyentuhnya? Mungkin hal seperti ini pernah kita lihat pada permainan sulap atau film-film. Bisa dibayangkan bila ada penemuan yang bisa membuat kegiatan sehari-hari jadi lebih mudah, seperti tidak perlu menekan tombol atau memijit remote control saat akan mengganti saluran televisi.



Hal inilah yang ditampilkan pada acara seminar Mind Over Matter di Auditorium Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Seminar ini membahas cara sebuah robot bisa bergerak tanpa harus disentuh, atau bagaimana sebuah game bisa dimainkan tanpa kita harus menggunakan mouse atau menekan tombol keyboard di komputer.

Tidak ada yang tidak mungkin, begitu kata Dr Ari Setijadi, dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB. Bagi Ari, sebuah mimpi bisa jadi kenyataan bila ada keinginan untuk mewujudkannya. Hal inilah yang diterapkan STEI ITB.
Sejauh ini, STEI ITB telah menghasilkan beberapa teknologi yang berhubungan dengan kerja otak. Alat-alat ini seluruhnya bekerja dengan memanfaatkan sinyal-sinyal yang ada di otak untuk menghasilkan suatu fungsi tertentu.


Teknologi ini dirancang untuk mendeteksi sinyal-sinyal otak dan mengonversikannya ke dalam bentuk lain. Metode lain yang sedang dikembangkan adalah untuk memasukkan sinyal ke dalam otak sehingga otak dapat menangkap sinyal yang diberikan.

Menurut Ari, realisasi dari hal ini membutuhkan mekanisme yang disebut brain computer interface (BCI). Mekanisme ini dimulai dari pemantauan aktivitas di otak, kemudian sinyal di otak diproses dan diterjemahkan ke dalam perintah. Mekanisme ini akan berakhir pada feedback tertentu.

"Di STEI ada beberapa kelompok keahlian atau KK. Nah, di sini KK Komputer, Biomedika, dan Elektronika punya ide kerja sama satu penelitian bersama. Dan BCI ini baru penelitian awal," kata Ari, yang ditemui di sela-sela acara Mind Over Matter di Auditorium SBM ITB, Sabtu (1/5).

Menurut Ari, sebenarnya alat-alat yang bisa digerakkan dengan menggunakan pikiran tersebut diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan, misalnya seseorang yang mengalami kecelakaan dan mengalami cacat. Dalam kesehariannya ia banyak menggantungkan kegiatan pada orang lain.

Dengan alat-alat tersebut, orang cacat masih bisa berinteraksi dengan orang lain atau melakukan beberapa kegiatan tanpa harus melibatkan orang. Dengan alat tertentu, orang cacat ini cukup memerintahkan otaknya untuk menggerakkan suatu benda. "Kalau alat-alat ini ada, tentu saja bisa meningkatkan kualitas hidup orang tersebut," kata Ari.

Guru Besar Kelompok Keahlian Teknik Biomedika ITB, Prof Dr Tati R Mengko, mengatakan, teknik biomedika sebagai bidang multidisiplin yang menerapkan berbagai metode rekayasa, sains, dan teknologi diaplikasikan untuk membantu pemecahan masalah kesehatan masyarakat.

Menurutnya, teknik biomedika terkait langsung dengan kebutuhan primer masyarakat, dengan ruang gerak, seperti perancangan instrumen, sistem, pemodelan, analisis, atau rekayasa kimia. Analisis mekanisme kerja otak dan kekuatan pikiran merupakan salah satu hal yang bisa digali lebih dalam dari penerapan teknik biomedika.

"Electroencephalogram (EEG), misalnya, merupakan sebuah instrumen yang dihasilkan teknik biomedika yang berfungsi untuk menampilkan sinyal-sinyal yang bekerja dalam otak," ujarnya.

Acara Mind Over Matter yang jadi tema acara ini memiliki arti suatu kemampuan otak untuk mengontrol dan memengaruhi tubuh atau objek. Dengan mengoptimalkan kekuatan pikiran, seseorang dapat melakukan sebuah fenomena telekinesis atau menggerakkan sesuatu tanpa disentuh, bahkan untuk sesuatu yang lebih dari itu.

Alat-alat yang ditampilkan antara lain robot yang bisa digerakkan dengan cara menggunakan gelombang otak. Untuk menggerakkan robot ini seseorang harus tenang atau rileks. Setelah rileks, otak atau pikiran kita mencoba menggerakkan robot tersebut. Dengan perintah dari gelombang otak yang disambungkan melalui komputer, secara otomatis robot ini bisa bergerak tanpa tangan kita harus menyentuhnya.

Alat lain yang juga menarik adalah gaming dengan menggunakan alpha barinware. Game seperti paintball ini, menurut Ari, bukan hanya sekedar game. Game ini bisa digunakan sebagai terapi anak- anak yang memiliki kesulitan berkonsentrasi. "Awalnya ini hanya game biasa, tapi ternyata memiliki fungsi lain yang bermanfaat, yakni bisa membantu konsentrasi buat anak-anak," katanya.

Ada juga sleep alarm. Menurut Ari, alat ini bisa membangunkan orang yang tertidur. Semua komponen untuk membuat alat-alat ini, kata Ari, adalah produk lokal. Ari menilai Indonesia memiliki kemampuan mencipta teknologi yang tak kalah bagusnya dari luar negeri. "Kita bisa lihat, dan inilah contohnya. Kita coba dengan kemampuan yang kita punya. Dan ini seharusnya jadi motivasi atau pembangkit bagi kita semua. Kenapa tidak mewujudkan mimpi," katanya.


Sumber : http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/20626/mengendalikan-robot-cukup-dengan-pikiran


Read More......

Ilmuwan Pecahkan Rahasia Suara Tawa Hyena

CALIFORNIA--Para ilmuwan mengklaim telah berhasil memahami arti di balik suara tawa yang dihasilkan hyena. Suara itu, menurut para ilmuwan, mengandung imformasi penting soal status sang hewan.



Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC ekologi, Selasa (30/1), untuk memecahkan suara hyena yang kerap disebut tawa hyena itu, para ilmuwan meneliti perbedaan suara 'tawa' itu yang menunjukkan usia si hyena. Lebih dari itu, variasi frekuensi suara tersebut juga memberikan informasi soal status seekor hyena dalam kelompoknya.

Profesor Frederic Theunissen dari Universitas California Berkeley, Amerika Serikat (AS) dan Profesor Nicolas Mathevon dari Universitas Jean Monnet St Ettiene, Prancis, bekerja sama meneliti 26 ekor hyena di lokasi penelitian di Berkeley.


Kedua profesor ini kemudian merekam suara hewan ini dalam berbagai interaksi sosialnya. Misalnya saat para hyena berebut makanan dan kemudian menentukan elemen suara yang digunakan hyena untuk menunjukkan sesuatu.

Tahun lalu, para peneliti telah mempublikasikan sebagian hasil penelitian ini. Dan saat ini, mereka memastikan suara hyena menunjukkan usia hewan itu, sementara variasi frekuensi suara menunjukkan seberapa dominan seekor hyena di dalam kelompoknya.

"Suara tawa hyena memberi petunjuk soal kedudukan sosial seekor hyena. Status inilah yang memungkinkan seekor hyena memiliki hak makan dan mampu mengorganisasi kegiatan pencarian makanan," cetus Profesor Theunissen.

Hyena tutul (Crocuta crocuta) pada umumnya adalah binatang malam, hidup berkelompok dengan jumlah antara 10 hingga 90 ekor. Sekelompok hyena kadang berburu bersama, namun di dalam kelompoknya mereka saling bersaing berebut hasil buruan mereka. Namun, dalam kelompok hyena tutul, seekor betina bisa sangat dominan di antara para pejantan berapa pun usia sang betina.

Hasil penelitian profesor Theunissen dan Mathevon menyimpulkan hyena menunjukkan status sosial mereka melalui suara 'tawa'-nya yang mereka buat saat berebut makanan.

Sebelumnya, suara hyena hanya dianggap sebagai sebuah komunikasi sederhana, namun penelitian terbaru ini menunjukkan secara tepat bahwa seekor hyena bisa menghasilkan suara tertentu dalam situasi tertentu juga.

Informasi yang diperoleh melalui suara 'tawa' itu merupakan pesan penting terutama bagi pejantan baru di kelompok itu, sehingga mereka secara otomatis menduduki posisi terbawah dalam hierarki kelompok.

Suara 'tawa' ini juga memungkinkan hyena mengumpulkan sekutu, misalnya saat satu atau dua ekor hyena membutuhkan bantuan saat berebut makanan melawan seekor singa.


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/10/03/30/108801-ilmuwan-pecahkan-rahasia-suara-tawa-hyena


Read More......

Ini Dia Kacamata "Melek" bagi Tunanetra

>> 5.04.2010

MELBOURNE --Australia baru-baru ini mengumumkan temuannya, prototipe kacamata bionik yang bisa membuat orang buta bisa melihat indahnya dunia. Bila uji coba prototipe ini berhasil, proyek yang didukung penuh pemerintah Australia ini akan menjadi terobosan terbesar bagi kaum tunanetra setelah huruf Braille.



Menurut Perdana Menteri Kevin Rudd, pemerintahnya telah berkomitmen membantu 42 juta dolar Australia untuk proyek ini. "Perangkat ini bisa menjadi salah satu kemajuan medis yang paling penting yang kita lihat dalam hidup kita," ujarnya.

Menurutnya, proyek mata bionik ini akan menempatkan Australia terdepan dalam penelitian dan komersialisasi teknologi bionik. "Proyek ini tak hanya memiliki potensi untuk mengembalikan penglihatan kepada ribuan orang di Australia tetapi juga di seluruh dunia," katanya.


Perangkat ini berupa bagian yang ditanam dalam pembedahan mata, dirancang untuk pasien yang menderita kehilangan penglihatan degeneratif yang disebabkan oleh kondisi genetik retinitis pigmentosa atau usia yang berhubungan dengan degenerasi makular.

Terdiri dari sebuah miniatur kamera yang dipasang di kacamata, yang kemudian menangkap gambar dan mengirimkannya ke sebuah prosesor pemakainya. Prosesor kemudian mengirimkan sinyal nirkabel ke unit tertanam dalam mata yang akan bertahan langsung merangsang neuron di retina, memberi tanda gambar ke otak.

Mereka yang menggunakan mata bionik tidak akan memiliki visi yang sempurna betul seperti orang normal, namun diharapkan mereka akan dapat melihat titik cahaya dalam bidang penglihatan mereka yang kemudian dapat merekonstruksi otak menjadi sebuah gambar.


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/10/03/30/108857-ini-dia-kacamata-melek-bagi-tunanetra


Read More......

Pertama di Dunia, Robot Lakukan Operasi Jantung

LONDON - Seorang pensiunan asal Inggris, menjadi pasien pertama di dunia yang berhasil menjalani operasi jantung menggunakan robot tangan yang dikendalikan dari jarak jauh.



Pasien tersebut, Kenneth Crocker, menjalani operasi jantung di Glenfield Hospital, Leicestershire, Inggris. Robot tangan dengan tinggi tiga kaki itu perlahan menekan tabung bedah tipis kedalam tubuh Crocker. Sementara itu di ruangan lain, dokter bedah Andre Ng menggerakkan robot dengan remote control, melakukan pembedahan terhadap Crocker.

Dilansir Daily Mail, Kamis (29/4/2010), prosedur operasi pembedahan semacam ini, normalnya dilakukan dokter terhadap pasien secara langsung menggunakan tangan.


Dengan metode seperti ini, pasien yang menjalani operasi pembedahan, berisiko terpapar radiasi dari sinar 250 X-ray dalam kadar yang lebih tinggi. Pasalnya, sinar tersebut digunakan untuk mengawasi bagian tubuh yang dioperasi hingga delapan jam lamanya.

Dengan bantuan robot, operasi Crocker bisa selesai hanya dalam waktu satu jam. Para dokter yang menangani Crocker mengklaim, ini adalah operasi pertama di dunia yang prosedurnya, dilakukan oleh robot.

Crocker, yang berusia 70 tahun, telah empat tahun mengalami penyakit jantung. Menurut Crocker, dirinya sangat senang dengan berbagai pengalaman baru dan selalu ingin menjadi yang pertama mengalaminya.

"Saya sangat senang diberitahu akan menjalani operasi ini. Ini bagaikan keajaiban yang terjadi pertamakalinya di dunia," kata Crocker.

Sementara Dr Ng menyebutkan, operasi semacam ini dapat digunakan untuk menangani sekira 50.000 warga Inggris yang mengidap sakit jantung.

"Selain itu, pembedahan biasa menyebabkan pasien terkena radiasi sinar X-ray lebih lama dan penuh risiko karena menyentuh pasien secara langsung. Dengan robot tangan, saya bisa melakukan operasi yang sama dari ruang kontrol yang nyaman dan aman," tandasnya.


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/04/29/56/327682/pertama-di-dunia-robot-lakukan-operasi-jantung



Read More......

Spesies Baru Kadal Raksasa Ditemukan di Filipina Utara

MANILA--Sebuah spesies baru kadal raksasa telah ditemukan di hutan di pegunungan Sierra Madre, Filipina utara. Reptil sepanjang dua meter itu masuk dalam kelompok kadal monitor, yaitu jenis kadal raksasa tropis pemakan daging yang hidup di Afrika, Asia, dan Australia.



Para penemu kadal ini menganggap kadal itu luar biasa, dengan kulit berwarna kuning, biru, dan hijau menyala, serta hidup dengan hanya makan buah-buahan.

"Binatang yang luar biasa," tulis Dr Rafe Brown, salah satu peneliti yang menemukan kadal itu, dalam Journal Biology Letters, Rabu (7/4).

Di jurnal itu para peneliti mengatakan, sangat jarang ada penemuan hewan darat baru yang begitu besar. Menurut mereka, penemuan kadal raksasa ini sama pentingnya dengan penemuan dua binatang besar lain yang disebut 'mega-fauna' dalam beberapa tahun ini. Yakni kipunji (Rungwecebus kipunji), satu marga baru monyet yang ditemukan di Afrika, dan saola, bovid hutan Vietnam (Pseudoryx nghetinhensis).


Kadal raksasa ini sebenarnya sangat dikenal oleh penduduk setempat, suku Agta dan Ilongot, yang tinggal di hutan-hutan di bagian utara Pulau Luzon. Mereka biasa berburu kadal itu untuk dimakan dagingnya sebagai sumber protein.

Namun para ilmuwan tidak tahu keberadaan kadal itu hingga Dr Brown dan tim internasional dari Amerika Serikat, Filipina, dan Belanda melakukan penelitian atas jenis kadal yang diawetkan di musium di Amerika Serikat dan Filipina.

Dalam penelitian ini mereka menemukan spesies baru tersebut berdasarkan ukuran badan, sisik, warna, dan DNA-nya.

Panjang badan kadal ini hampir satu meter, panjang ekor satu meter dan kulitnya berwarna gelap dengan bintik-bintik kuning. Dalam beberapa gambar binatang ini juga tampak punya sisik biru dan hijau.

Spesies baru yang disebut Varanus bitatawa ini diperkirakan bertahan hidup dengan hanya makan buah-buahan, dengan demikian sekarang ada tiga spesies kadal monitor di dunia yang hanya makan buah-buahan.

Komodo merupakan kadal monitor terbesar dengan panjang bisa mencapai tiga meter dan berat 90 kilogram.

Tidak diketahui secara pasti mengapa kadal raksasa ini tidak tercium oleh para ilmuwan sebelumnya, meski banyak pakar biologi bekerja di Filipina utara. Para peneliti mengatakan penyebabnya kemungkinan karena kadal ini suka bersembunyi dan tidak pernah keluar hutan atau pergi ke tempat-tempat terbuka.

Habitat Spesies baru monitor ini terletak setidaknya 150 kilometer dari saudara terdekatnya, kadal yang disebut V. olivaceus, yang juga tinggal di pohon dan makan buah-buahan.


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/10/04/07/110039-spesies-baru-kadal-raksasa-ditemukan-di-filipina-utara


Read More......

Waspadalah, Banyak Anti-virus yang Ternyata Bervirus

Piranti lunak anti-virus palsu yang menginfeksi komputer pribadi menjadi ancaman makin besar dalam dunia maya, demikian sebuah penelitian yang dilakukan Google. Google menganalisa 240 juta halaman internet selama 13 bulan dan mendapati bahwa program anti-virus palsu menyumbang sekitar 15 persen dari semua program virus di dunia maya.



Scammers menipu dengan cara meyakinkan pengguna agar mengunduh program anti-virus karena komputer mereka terkena virus. Begitu di install, piranti lunak tadi mungkin akan mencuri data atau memaksa yang bersangkutan membayar produk-produk palsu tadi. ''Yang mengejutkan, banyak pengguna termakan tipuan ini dan kemudian membeli anti-virus palsu tadi,'' sebut penelitian itu.

Lebih celaka lagi, anti-virus palsu tadi seringkali ditunggangi virus komputer yang sesungguhnya yang akan bersarang di komputer. "Tak peduli pembayaran sudah dilakukan atau belum.''


Penelitian yang hasilnya dipaparkan di sebuah Lokakarya Usenix di Kalifornia dan membahas ancaman dan penipuan dalam skala besar di dunia maya, menganalisa situs internet antara Januari 2009 hingga Februari 2010.

Mereka menemukan 11 ribu domain internet yang terlibat dalam penyebaran anti-virus palsu tersebut. Kalau sudah ada anti-virus di dalam komputer, tidak semestinya pengguna harus mengunduh lagi.

Graham Cluley dari perusahaan keamanan Sophos mengatakan bahwa salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan para hackers melakukan teknik yang dikenal dengan optimalisasi mesin pencari topi hitam.

''Para hackers mencari berita yang populer seperti kematian Michael Jackson misalnya,'' kata Cluley. ''Mereka kemudian membuat situs yang dipenuhi dengan bahan yang kalau dicari lewat mesin pencari di internet akan muncul di halaman pertama.''

Siapapun yang mengklik situs itu, katanya, akan diserbu dengan penampilan yang menghubungkannya dengan perangkat lunak anti-virus palsu itu. Google mencoba menyaring situs-situs seperti itu, tetapi para hackers dikatakan dengan cepat bergerak dari satu domain ke domain lain sehingga sulit terdeteksi.

Cluley mengatakan orang harus mengerti betul dengan program anti-virus mereka sendiri dan harus selalu waspada kalau ada pop-up yang meminta pengguna mengunduh sesuatu dengan membayar untuk membersihkan komputer. ''Kalau sudah ada anti-virus di dalam komputer, tidak semestinya pengguna harus mengunduh lagi,'' katanya.


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/10/04/29/113491-waspadalah-banyak-antivirus-yang-ternyata-bervirus


Read More......

Komentar Terbaru

About Me

My Photo
Hery Herawan
-La Tahzan-
View my complete profile

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP