Lensa Kontak Tembus Pandang

>> 5.06.2009

CALIFORNIA - Para ilmuwan berhasil mengembangkan lensa kontak menjadi lebih canggih. Mendekatkan objek penglihatan, menampilkan data penelepon, hingga membuat pandangan lebih sempurna.

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan berhasil menyematkan sirkuit elektronik dan ringan pada lensa kontak biasa. Prototype yang mereka hasilkan memungkinkan lensa kontak menampilkan informasi yang ada jika terhubung dengan perangkat elektronik apa saja. Bahkan penggunaannya diklaim cukup aman dan tidak merusakkan pandangan.

"Awalnya cukup sulit bagi kami untuk mengintegrasikan sirkuit listrik super mini yang berteknologi nano tersebut ke dalam lensa kontak yang terbuat dari materi organik yang aman bagi tubuh," ujar Harvey Ho, Ketua tim peneliti pada Sandia National Laboratories di Livermore California.

Sirkuit elektronic tersebut dibentuk dari lapisan metal dengan ukuran nanometer. Sebagai perbandingan, lebar sebuah rambut manusia berukuran sekira 80.000 nanometer.

Sebelumnya para ilmuwan menyematkan kontak lensa bionic ini pada seekor kelinci. Dalam jangka waktu 20 menit kemudian, kelinci tidak mengalami permasalahan yang berarti.


Source : http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/01/20/56/76706/lensa-kontak-tembus-pandang




0 komentar:

Post a Comment

Komentar Terbaru

About Me

My Photo
Hery Herawan
-La Tahzan-
View my complete profile

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP